Tuesday, November 27, 2018


ULUL AZMI
Pada kali ini lintas forum akan membahas apa itu pengertian ulul azmi, dan juga nabi nabi yang termasuk dalam sebutan ulul azmi ini, yuk simak.
Pengertian Ulul Azmi
Menurut bahasa Ulul Azmi sendiri berasal dari Bahasa Arab : أولوالعزم Ulu al-Azmi.  Dalam artiannya adalah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi dan Rasul yang memiliki ketabahan dan kesabaran luar biasa dalam menyebarkan Agama Tauhid. Yaitu ajaran yang diturunkan dimuka bumi ini untuk menyembah Allah SWT.
5 Rasul Ulul Azmi dan Mukzizatnya
Sebutlnya banyak sebalik nabi dan rasul yang di utus Allah di muka bumi ini, Diantara banyaknya utusan Allah tersebut terdapat 5 Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Adanya gelar ini bukan berarti nabi dan rasul yang lain nya buruk yang kawan. Gelar ini merupakan gelar yang sangat istimewa kedudukannya di mata Allah. Terdapat 5 Nabi dan Rasul yang menerima gelar Ulul Azmi karena ketabahannya dan juga kegigihannya dalam menyebarkan ajaran tauhid.
Ada 5 nabi yang mendapatkan gelar ini yaitu :
1.     Nabi Nuh
2.    Nabi Ibrahim
3.    Nabi Musa
4.    Nabi Isa
5.    Nabi Muhammad
Itu dia nama nama nabi dan rasul yang mendapat gelar Ulul Azmi, selanjutnya lintas forum akan bercerita singkat tentang kehidupan ke-lima Rasul Ulul Azmi dan sekaligus mukzizatnya yang dimilikinya :
Nabi Nuh
Nabi Nuh sangat terkenal cerita nya yang telah membuat perahu besar dalam menghadapi banjir bandang. Nabi Nuh sendiri merupakan salah satu Nabi yang menerima gelar Ulul Azmi. Allah telah meberikan gelar ini karena kesabarannya dalam menyebarkan Agama tauhid.
Seperti nabi-nabi yang lainnya dalam menyebarkan ajaran tauhid banyak sekali dari umatnya yang tidak percaya dan  menolak keras. Singkat cerita  Allah kemudian murka kepada umat Nabi Nuh. Dengan menurunkan azab yang sangat luar biasa yaitu banjir bandang. Kemudian allah memerintahkan kepada nabi nuh untuk mempersiapkan dalam menghadapi azab tersebut dengan membuat sebuah kapal yang sangat besar.
Peringatan yang didapatkan Nabi Nuh kemudian disampaikan kepada umatnya. Namun tetap saja banyak umatnya yang masih tidak percaya dan menentang keras bahkan mencemooh  Nabi Nuh dengan kata-kata kasar.
Tidak ada yang menyangka bahwa setelah Nabi Nuh selesai membuat Perahu Besar tersebut. awan hitam mulai berdatang pertanda bahwa hujan akan turun. Nabi Nuh mulai bersiap dengan memerintah agar Umat yang mengikuti ajarannya agar masuk keperahu bukan hanya manusia hewan-hewan yang sudah berpasangan juga di masuk kan ke perahu. Akhirnya hujan pun makin deras petir menggelegar dan angin sangat kencang. Air hujan telah naik dan menenggelamkan rumah umat Nabi Nuh yang menolak ajaran Allah SWT. Tidak ada satupun orang selamat kecuali orang-orang yang ada didalam perahu bersama Nabi Nuh.
Nabi Ibrahim
Pasti banyak dari para pembaca yang telah atau bahkan sering mendengar kisah ini. Nabi Ibrahim sering di ceritakan, karena mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT sampai saat ini  masih tetap dilakukan oleh pengikut Nabi Muhammad. Seperti adanya acara Qurban yang dilakukan pada acara hari raya idul adha, dan bangun hasil dari Nabi Ibrahim masih ada yaitu Ka’bah, dari kedua mukjizat itu sangat mudah untuk diingat karena masih kita rasakan sampai saat ini, dan kemudian ada cerita menarik dimana Nabi Ibrahim di tangkap oleh Raja Namrud (Raj Durhaka penyembah berhala) kemudian diikat ditiang dan dibawah nya sudah tersedia kayu bakar yang siap membakar Nabi Ibrahim, dengan ijin Allah Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api tersebut.
Nabi Musa
Sebuah kisah Nabi Musa sangat populer dikalangan kita. Dimana kisah ini Nabi Musa mendakwahi seorang raja yang sangat terkenal yaitu Fir’aun. Dimana raja ini telah mengaku dirinya Tuhan dan rakyatnya harus menyembah kepadanya.
Dengan populer nya kisah Nabi Musa sudah tentu mukzizatnya sudah banyak diketahui. seperti dapat membelah lautan dengan tongkatnya dan juga dapat membuat tongkatnya berubah menjadi ular. Namun dengan banyaknya mukzijat tersebut tak serta merta membuat fir’aun menjadi taat terhadap ajaran Allah.
Banyak sekali rintangan yang dihadapi Nabi Musa saat menyebarkan ajaran Allah ini, karena yang dihadapi nabi Musa bukan hanya umat yang membencinya tetapi pemimpin nya juga. Dengan hal serumit itu tentu dibutuhkan kesabaran dan kegigihan yang kuat untuk menyebarkannya. Oleh sebab itu Allah telah memberikan gelar kepada Nabi Musa sebagai Ulul Azmi.
Nabi Isa
Nabi selanjutnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi adalah Nabi Isa. Banyak sekali mukzijat yang diberikan Allah kepadanya.
Beliau dapat membuat seekor burung dari tanah liat, menghidupkan orang mati, mampu berbicara ketika beliau masih bayi, menyembuhkan berbagai penyakit seperti kebutaan, selamat dari penyaliban dan masih banyak lagi mukjizat lainnya
Salah satu mu’zizat lainnya yang sangat populer diakalangan umat manusia adalah diturunkannya kitab Injil kepadanya sebagai pedoman bagi umat yang mengikutinya.
Nabi Muhammad
Nabi Muhammad merupakan Nabi yang paling populer bahkan ada majalah yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad adalah manusia yang paling berpengaruh di dunia. Nabi terakhir ini ditugas untuk mengoreksi ajaran ajaran terdahulu dan sejarah terbentuknya  agama Islam. Sebagai Nabi terkahir banyak sekali ujian dan rintangan yang diberikan oleh Allah.
Nabi Muhammad merupakan yang paling banyak mendapatkan mu’zizat. Dan yang paling terkenal dan masih tetap ada sampai ini adalah Kitab Suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi pengikutnya yang disebut sebagai muslim.

Demikian cerita dari nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, karena cerit seingkat jadi mohon maaf jika ada sesuatu yang hal yang mungkin tidak saya tulis. Semoga bermanfaat dan mencontoh bagaimana mereka bersabar dan tetap gigih dalam berdakwah kepada umat.





0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive