<LOGO KAMPUS>
MAKALAH
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Magang
Pada
Program Studi Manajemen Informatika
Disusun Oleh:
Nama : Leo Bagya
NIM : 1511111117
POLITEKNIK
MAHASISWA MUDA
SERANG-BANTEN
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Lingkungan kerja merupakan hal
yang sangat penting untuk diperhatikan selain manajamen yang baik pada sebuah
instansi maupun perusahaan, walaupun lingkungan kerja tidak menyentuh ruang
produksi, namun lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap pegawai
ataupun karyawan yang melaksanakan proses produksinya, lingkungan kerja yang
baik, akan membantu paran pegawai atau karyawan untuk menciptakan sebuah produk
yang baik, karena para pekerja bekerja dengan sepenuh hati dan nyaman untuk
berproses. Mengenai pengertian pada lingkungan kerja, ada dua sub kata yang
harus kita pahami yaitu lingkungan dan kerja. Apa ituh lingkungan dan apa itu
kerja, kemudian setelah kita paham keduanya kita bisa menggabungkannya untuk
menemukan sebuah pengertian yang pas.
Pengertian lingkungan, ketika
kita berbicara tentang sebuah kata lingkungan akan muncul di benak kita yaitu
tentang lingkungan hidup, memang dalam hal ini para ahli tidak terlalu tegas
membedakan antara lingkungan dan lingkungan hidup, baik dalam kesehariannya
maupun dalam forum ilmiah. Adapun pengertian lingkungan menurut Emil Salim,
“lingkungan yaitu segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat
dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk
kehidupan manusia”. Secara
teoritis pada uraian tadi lingkungan mempunyai ruang lingkup yang tak terbatas
jumlahnya, namun secara praktis ruang lingkup itu bisa kita batasi sesuai
kebutuhuan yang telah ditentukan, misalkan dalam ruangan kantor ada meja, ac,
bangku, dll.
Kemudian pengertian
tentang kerja, sebetulnya kita paham tentang kerja tetapi untuk
mengungkapkannya lumayan sulit, ada yang mengartikannya kerja adalah profesi,
atau sebuah kegiatan yang mengeluarkan energi mental dan fisik untuk mencapai
sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Memang tidak mudah dalam menemukan
pengertian dalam suatu kata, butuh pemikiran yang kritis dan mendalam agar
menemukan kalimat yang pas untuk menggambarkan tentang kerja tersebut, untuk membuka wawasan akan hal itu, penulis
akan mencantumkan beberapa pengertian dari beberapa para ahli. Menurut Dr. Franz Von Magnis di dalam Anogara (2009 : 11), Kerja adalah “kegiatan yang direncanakan”, sedangkan menurut
Brown (dalam Anoraga, 1998) “ kerja merupakan penggunaan proses mental dan fisik dalam mencapai
beberapa tujuan yang produktif ”. Pada uraian dua para ahli
penulis bisa menyimpulkan bahwa kerja adalah sebuah proses kegiatan menggunakan
fisik maupaun psikis yang sudah direncakan untuk mencapai sebuah tujuan atau
mengasilkan produk.
Pada uraian diatas sebetulnya
kita sudah cukup mampu untuk mengartikan
kata lingkungan kerja, untuk meyakinkan dan menambah wawasan saya akan mengutip
penengertian lingkungan kerja dari beberapa para ahli, menurut Nitisemito (2001:183) mengemukakan bahwa ”Lingkungan
kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja yang dapat
mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Misalnya
kebersihan, musik dan lain-lain”. Sedangkan menurut
Sedarmayati (2009:21) “Lingkungan kerja
adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya
di mana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik
sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok”. Dari beberapa uraian para ahli tentang lingkungan kerja
bisa disimpulkan yaitu segala sesuatu di sekitar para pegawai/pekerja baik itu
benda, kondisi, maupun keadaan, yang dapat mempengaruhi para pegawai/pekerja
fisik maupun mental untuk menyelesaikan tugas tugas yang telah di bebankanya.
0 comments:
Post a Comment