Saturday, December 9, 2017




Contoh Pendahuluan Makalah dengan Judul Lingkungan Kerja :

 LINGKUNGAN KERJA 


<LOGO KAMPUS>


MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Magang
Pada Program Studi Manajemen Informatika


Disusun Oleh:
                 Nama   : Leo Bagya
                 NIM    : 1511111117


POLITEKNIK MAHASISWA MUDA
SERANG-BANTEN
2017





                                                                                                                                                                   


BAB I

PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Lingkungan kerja merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan selain manajamen yang baik pada sebuah instansi maupun perusahaan, walaupun lingkungan kerja tidak menyentuh ruang produksi, namun lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap pegawai ataupun karyawan yang melaksanakan proses produksinya, lingkungan kerja yang baik, akan membantu paran pegawai atau karyawan untuk menciptakan sebuah produk yang baik, karena para pekerja bekerja dengan sepenuh hati dan nyaman untuk berproses. Mengenai pengertian pada lingkungan kerja, ada dua sub kata yang harus kita pahami yaitu lingkungan dan kerja. Apa ituh lingkungan dan apa itu kerja, kemudian setelah kita paham keduanya kita bisa menggabungkannya untuk menemukan sebuah pengertian yang pas.
Pengertian lingkungan, ketika kita berbicara tentang sebuah kata lingkungan akan muncul di benak kita yaitu tentang lingkungan hidup, memang dalam hal ini para ahli tidak terlalu tegas membedakan antara lingkungan dan lingkungan hidup, baik dalam kesehariannya maupun dalam forum ilmiah. Adapun pengertian lingkungan menurut Emil Salim, “lingkungan yaitu segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia”. Secara teoritis pada uraian tadi lingkungan mempunyai ruang lingkup yang tak terbatas jumlahnya, namun secara praktis ruang lingkup itu bisa kita batasi sesuai kebutuhuan yang telah ditentukan, misalkan dalam ruangan kantor ada meja, ac, bangku, dll.
Kemudian pengertian tentang kerja, sebetulnya kita paham tentang kerja tetapi untuk mengungkapkannya lumayan sulit, ada yang mengartikannya kerja adalah profesi, atau sebuah kegiatan yang mengeluarkan energi mental dan fisik untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Memang tidak mudah dalam menemukan pengertian dalam suatu kata, butuh pemikiran yang kritis dan mendalam agar menemukan kalimat yang pas untuk menggambarkan tentang kerja tersebut,  untuk membuka wawasan akan hal itu, penulis akan mencantumkan beberapa pengertian dari beberapa para ahli. Menurut Dr. Franz Von Magnis di dalam Anogara (2009 : 11), Kerja adalah “kegiatan yang direncanakan”, sedangkan menurut  Brown (dalam Anoraga, 1998) “ kerja merupakan penggunaan proses mental dan fisik dalam mencapai beberapa tujuan yang produktif ”. Pada uraian dua para ahli penulis bisa menyimpulkan bahwa kerja adalah sebuah proses kegiatan menggunakan fisik maupaun psikis yang sudah direncakan untuk mencapai sebuah tujuan atau mengasilkan produk.
Pada uraian diatas sebetulnya kita sudah cukup mampu untuk  mengartikan kata lingkungan kerja, untuk meyakinkan dan menambah wawasan saya akan mengutip penengertian lingkungan kerja dari beberapa para ahli, menurut Nitisemito (2001:183) mengemukakan bahwa ”Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Misalnya kebersihan, musik dan lain-lain”. Sedangkan menurut Sedarmayati (2009:21) “Lingkungan kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya di mana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok”. Dari beberapa uraian para ahli tentang lingkungan kerja bisa disimpulkan yaitu segala sesuatu di sekitar para pegawai/pekerja baik itu benda, kondisi, maupun keadaan, yang dapat mempengaruhi para pegawai/pekerja fisik maupun mental untuk menyelesaikan tugas tugas yang telah di bebankanya.

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive