Saturday, December 9, 2017



Apa Fungsi Surat?

     Sejak zaman dahulu hingga sekarang, orang tidak dapat melepaskan dirinya dari kepentingan orang lainnya, baik yang berada di sekitar maupun ditempat jauh. melalui surat, segala pemberitahuan, pernyataan, keterangan,permintaan, laporan, tuntutan, dan sanggahan dapat dengan mudah di pahami.
    
    Zaman modern ini, penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan komputer karena dianggap penggunaannya lebih rapih dan praktis, serta memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang masih menggunakan mesin ketik datau menggunakan tulis tangan. namun hal ini bergantung pada kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiri.
    
     Karena surat merupakan media atau alat komunikasi tertulis,tentu saja memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :

1. Sarana Komunikasi
   Walau jarak Memisahkan antara pengirim dan penerima surat,surat tentu tetap dianggap sebagai sarana untuk saling Menukar informasi atau saling menyampaikan pesan secara ekonomis, praktis, dan efektif.

2. Wakil atau Duta
    Surat dapat mewakili diri sendiri atau orang lain sebagai tenaga suruhan untuk mendatangi seseorang yang jauh dengan pembicaraan panjang lebar sampai tuntas. Selaku wakil atau duta, surat dapat menyampaikan hal-hal yang di kehendaki oleh pembuat surat, seperti membawa pesan, misi atau juga informasi yang hendak disampaikan kepada yang berhak menerima surat tersebut tanpa harus datang sendiri.

3. Barang Bukti yang Kuat
    Karena surat merupakan media komunikasi tertulis, surat dapat digunakan sebagai barang bukti yang sangat kuat. jika suatu pembicaraan melalui telepon akan sulit ditentukan kebenarannya. memalui surat akan mudah ditentukan kebenarannya, karena apa yang tertulis merupakan bukti "Hitam diatas Putih" yang sangat kuat kekuatan hukumnya.
   
4. Sumber Data
    Surat juga dapat dijadikan selaku sumber data yang segera dapat ditindak lanjuti oleh penerima surat yang menerimanya. dalam biografi seorang tokoh, surat memiliki kekuatan informasi. surat pada zaman raja-raja dahulu memiliki kekuatan data, sehingga generasi sekarang mengetahui peristiwa masa lalu. Begitu pula, surat yang disimpan tokoh terkenal, biasanya mengandung nilai sejarah yang tinggi sehingga orang banyak meneliti kandungan surat dan kaitannya dengan suatu peristiwa.

5. Sarana Pengingat
    Surat dapat berguna sebagai sarana pengingat suatu kejadian di masa lalu tentang kegiatan atau aktivitas bagi seseorang sebab memungkinkan suatu saat akan diperlukan lagi untuk di baca.  Dengan surat, seseorang akan dapat melakukan kegiatan yang perlu dilakukan selanjutnya.

6. Jaminan
    Surat juga dapat jaminan, misalnya surat jaminan keamanan atau surat jaminan atas benda berharga

7. Media Pengikat
    Surat dapat pula dijadikan sebagai media pengikat yang memiliki kekuatan hukum antara beberapa pihak, misalnya pada surat perjanjian.

8. Alat Promosi
   Dengan lambang atau logo suatu perusahaan atau lembaga yang tercetak pada bagian kepala surat, sebuah surat secara langsung menjadi alat promosi kepada penerima surat atau siapa saja yang berkesampatan melihat atau membacanya

sekian fungsi-fungsi surat semoga bermanfaat.


Sumber Buku:

Judul              : Terampil Menulis Surat
Penulis           : Fajar M.N
Tahun Terbit  : 2009
Penerbit          : Puri Delco, Bandung 

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive