Sunday, December 10, 2017


Formula VLOOKUP di dalam Ms. Excel


Berbicara mengenai vlookup sebetulnya apa sih vlookup dalam excel itu?
VLOOKUP kependekan dari vertical lookup, maksudnya adalah VLOOKUP ini ssalah satu formula yang ada Ms. Exel untuk mencocokan data dari dua daftar/tabel. daripada kita membuang tenaga seperti melompat spreadsheet dan mengetikan data yang cocok, kamu bisa menghemat hanya dengan menuliskan sebuah formula ini untuk mengotomatiskan proses.

contoh kasus yang saya bawa adalah data pembelian, gambar tabel nya seperti ini :



nah, tabel diatas adalah sebagai tabel utama kita, kemudian tabel pembanding yang dibawah, tabel pembanding adalah tabel data sebagai patokan  dalam hal penjualan di tabel utama, disini menggambarkan seandainya komstumer beli pentium1 sebanyak lebih dari 5 maka potongan harga  5% dsb. 

Untuk mencari hasil dari kolom potongan,  kita sebenarnya bisa mengetikan manual dengan melihat tabel pembanding, tetapi jika data nya banyak maka sangat sulit untuk dilakukan input secara manual,  dengan  menggunakan formula vlookup maka bisa meminimalisir Human Error, Kolom potongan akan kita  cocokan antara QTY di tabel atas dengan ketentuan potongan di tabel pembanding.

ketikan formula di cell G2 seperti ini 

 =VLOOKUP(B2;$A$12:$E$14;5)

Hasilnya Seperti ini :


untuk mencari hasil nya baris selanjutnya kita hanya perlu mengarahkan kursor  ke celll G2 tadi tepatnya di bawah sebelah kanan sampai kursor kita berbentuk +


Arahkan kursornya ke lingkaran tersebut hingga berubah +, Perlu diingat juga kenapa penulis formula vlookup tadi seperti ini { =VLOOKUP(B2;$A$12:$E$14;5) } kalian lihat ada tanda $ (dollar),, ini sebetulnya berfungsi untuk tidak menggeser data yang kita block di tabel pembanding, dan sudah tentu mempercepat kerjaan kita  untuk tidak menginputkan formula kembali. kita hanya perlu arahkan kursos kita dan tarik kebawah.

Hasilnya bisa kita lihat dibawah ini


Kalo penasaran fungsi $ (dollar) pada formula tadi coba buktikan sendiri ketikan dua formula yang menggunkan $ dan tanpa $, maka hasilnya akan berbeda dan anda bisa melihat sendiri, mana data yang benar.
semoga membantu..

selamat mencoba dan salam sukses !

1 comment:

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive