Sunday, December 10, 2017


Musibah; Antara Cobaan,
Peringatan dan Adzab Tuhan
(2)


3.      Boleh Jadi Semua Itu Adalah Peringatan

Ada persamaan antara cobaan dengan peringatan adalah terletak pada masalah kepada siapa musibah itu di berikan. Kalau sebelumnya sudah dijelaskan bahwa cobaan itu hanya diberikan kepada mereka yang beriman dengan maksud untuk menguji seberapa jauh keimanan orang tersebut, maka demikian halnya dengan peringatan Tuhan, dengan diberinya cobaan dimaksudkan supaya seseorang bisa bersabar. Begitu juga dengan diberikannya peringatan diharapkan seseorang kembali lagi pada jalan yang benar.

Sisi perbedaan antara cobaan dan peringatan. Cobaan sebagaimana tadi dijelaskan tidak didahului dengan sebab-sebab perilaku yang buruk. Bahkan jika menilik firman Allah SWT pada surat Al Ankabut ayat 2, kita bisa menyimpulkan bahwa cobaan hanya diberikan atas dasar kebaikan seseorang. Makanya tujuan murni cobaan adalah untuk menguji, bukan untuk memperingatkan apalagi untuk menyiksa. Sedangkan peringatan  itu biasanya didahului dengan perilaku salah atau dosa yang diperbuat oleh seseorang

4.      Semoga Semua Itu Bukan Adzab Tuhan

Kemungkinan terakhir dari adanya sebuah musibah adalah sebagai siksa. Na’udzubillah! Semoga kita di jauhkan oleh Allah dari adzab-Nya. Siksa adalah sebuah balasan setimpal dari perbuatan dosa. Adanya siksa dimaksudkan agar manusia merasakan kepedihan akibat dari perbuatan jahat yang mereka lakukan. Kita bisa memastikan apakah sebuah kepahitan hidup yang menimpa itu merupakan siksa atau bukan adalah sejauh apa kita pernah melakukan dosa atau  tidak diwaktu-waktu sebelumnya.

“ Dan Allah sekali-sekali tidak akan mengadzab mereka, sedangkan kamu (Muhammad masih) berada diantara mereka Dan tidak (pula) Allah akan mengadzab mereka, sedang mereka meminta ampun (selalu beristighfar)”. (QS. Al Anfal:33).

Kata Adzab dalam ayat diatas merujuk kepada adzab dunia. Artinya Allah tidak akan mengadzab seseorang selagi orang itu selalu banyak beristighfar. Banyak beristighfar disini bisa diartikan sebagai “Banyak melakukan kebajikan”. Artinya allah tidak akan mengadzab seseorang selagi orang itu selalu berada dalam amal kebajikan. Allah hanya memberikan siksa berupa bencana hidup pada mereka yang sudah keterlaluan dalam melakukan dosa dan kemaksiatan .

Sungguh, sekali lagi Allah tidak akan menurunkan siksa kepada manusia secara umum jika memang mereka selalu berada dalam kebaikan. Bahkan jika mereka selalu dalam jalan kebenaran Allah pun malah akan menurunkan karunia nikmat-Nya, jika sebaliknya  maka pasti Allah akan menurunkan siksaan tersebut. Dan hal ini berlaku secara umum maupun pada perseorangan secara khusus.

5.      Dibalik Musibah Ada Rencana Tuhan Yang Sudah Dipersiapkan

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui “
(QS. Al Baqarah:216).

Lewat ayat diatas belum tentu sesuatu yang selama ini kita benci keredaannya itu pasti akan berakibat buruk, bahkan boleh jadi hal tersebut malah menyimpan sebuah kebaikan dalam kehidupan kita. Begitu pula sebaliknya, semua karunia biasanya  membuat hati berbunga-bunga karena semua mendambakan hal yang menggembirakan, padahal bukan semua hal yang bisa menyebabkan hati kita menjadi lega menerimanya itu pasti menyimpan kebaikan bagi kita dihari-hari kemudian, malah boleh jadihal tersebut menjadi sebuah petaka bagi kehidupan kita. Dalam hal ini Allah yang maha tahu, manusia tidak.


Memang untuck sementara waktu hikmah dibalik musibah itu bersifat ghaib bagi manusia, mereka tidak bisa mengetahuinya dan sekaligus tidak tahu bentuknya tetapi manusia akan mengetahui dengan pasti keberadaaan hikmah tersebut manakala derita hidup itu telah hilang. Dengan bergulirnya waktu akhirnya manusia tahu bahwa derita yang sebelumnya mereka rasakan ternyata tak lebih dari sebuah cobaan untuk menguji apakah ia pantas mendapatkna karunia besar atau tidak. Hanya itu.

Lanjut Ke Halaman 3

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive