Sunday, December 10, 2017


Musibah; Antara Cobaan,
Peringatan dan Adzab Tuhan
(3)

6.      Allah Tak Pernah Membebani Diluar Kemampuan Kita

Ketahuilah bahwa sesedih apa pun perasaan yang saat ini Anda rasakan, semua itu adalah masih dalam ambang batas wajar. Yakinlah bahwa semua musibah segala macam bentuknya semua itu sudah didesain oleh Allah sesuai dengan ukuran kesabaran manusia. Sama sekali Allah tidak semerta-merta memberi cobaan kepada manusia dengan seenaknya sendiri. Dalam sebuah ayat Allah sudah berjanji akan hal itu.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al Baqarah:286).

Berdasarkan kenyataan yang demikian, maka taka da istilahnya manusia yang tak sanggup bersabar dalam derita. Secara teori semua manusia mampu untuk tegar dalam menghadapi cobaan.

Pernah kah anda meresapi penderita Nabi Ayyub, Sungguh ngeri melihat cobaan hidup yang dijalani Nabi Ayyub. Kalau anda kini sedang menerima cobaan hidup, berat manakah beban derita yang dipikul oleh Ayyub? Kalau kini Anda sedang mengalami kebangkrutan dalam bisnis karena ditipu orang, apakah secara bersamaan itu juga ditinggal mati oleh putra putri tersayang? Atau saat ini Anda jatuh miskin padahal sebelumnya Anda adalah orang yang kaya raya, apakah anda jatuh sakit sampai 17 tahun dimana sakit itu orang-orang menjadi jijik melihat Anda? Hingga anda sampai diusir oleh orang kampung.

Kalu memang derita hidup kini Anda Tanggung tak seberat yang diterima Nabi Ayyub, maka itu masih bisa dikatakan beban yang ringan. Maka cobalah untuk tetap bersabar. Inilah kuncinya. Ingat, sebuah musibah jika tidak diiringi dengan kesabaran atau Anda tidak menerima kenyataan tersebut, tetap saja musibah itu akan menimpa .akan tetapi jika dihadapi itu dengan kesabaran meski dengan itu musibah pun akan tetap menimp. Namun setidak-tidaknya dengan sabar Anda bisa tegar. Dan Anda akan menemukan sesuatu yang berharga dibalik musibah.

7.      Badai Pasti Berlalu

Secara teori kehidupan di bumi, diciptakan oleh Allah secara berpasang-pasangan dan saling berjodohan. Alah sendiri telah menyatakan hal tersebut dalam salah satu firman-Nya yang artinya:

“ Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah “ (Adz Dzaariyat:49)

Maksud berpasang-pasangan disini adalah saling berjodohan, saling melengkapi dan saling terkait satu sama lalin. Secara Dzahir berpasangan-pasangan memang menunjukan arti yang berlawanan, akan tetapi dibalik ketidaksamaan tersebut terdapat unsur saling melengkapi antar satu dengan yang lainnya. Atas dasar inilah maka secara teori semua hal yang berpasang-pasangan tidak bisa dipisah-pisahkan. Meskipun adanya tidak secara bersamaan, maka pasti keberadaannya akan menyusul kemudian.

Lihatlah ketika Allah menciptakan siang Allah juga menciptakan malam, saat membuat matahari Allah juga menciptakan bulan. Dalam kenyataan hidup juga demikian ada besar-kecil, kaya-miskin, panjang-pendek, begitu seterusnya.

Ketahuilah bahwa kebahagian dan kesedihan tak ubahnya seperti siang dan malam, saat anda sedang dirundung sedih, pada saat bersamaan  anda sedang menanti datangnya kebahgiaan, dan ketahuilah bahwa adanya kebahagian sesudah kesedihan adalah merupakan ketetapan yang Tuhan gariskan dalam kehidupan manusia. Lihatlah Allah sendiri sudah menyatakan:

“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.
(QS. Al Insyirah:4-5)


Lewat ayat diatas Allah ingin menandaskan sekaligus ingin menekankan berkali-kali kepada manusia bahwa kenyataan hidup memang seperti itu. Adapun Allah sampai mengulanginya dua kali adalah karena sepenuhnya Allah Maha Tahu bahwa manusia tak bisa mudah begitu saja mempercayai bawa mereka  setelah menemukan kesulitan dibalik itu ada kemudahan. Maka Allah pun menegaskan nya sekali lagi. Tujuannya jelas supaya manusia yakin sepenuhnya akan kenyataan hukum alam bahwa ada kesusahan ada kebahagiaan. Ada kesulitan ada kelapangan. Ada penderitaan pasti akan muncul kedamaian.

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive