Sunday, December 10, 2017



Menelusuri Sumber-Sumber
Musibah Dalam Hidup

1.      Antara Dosa dan Kesengsaraan Hidup

Sadar lah bahwa semua yang dilakukan manusia, baik itu berupa kebajikan maupun keburukan tidak hanya akan membuah pahala dan dosa saja, Namun lebih dari sekedar itu perbuatan manusia baik buruknya akan berakibat pada “Nasib” hidup mereka, bukan hanya diakhirat tapi juga diakhirat namun juga didunia

Dosa Pasti Akan Menumbuhkan Kegelisahan Hati

Sebagai makhluk yang sudah di fitrahkan oleh Allah untuk selalu cenderung pada kebaikan, maka secara alamyiah kebaikan dengan segala bentuk dan aspeknya akan membuahkan ketentraman dalam diri manusia. Hal ini terbukti, secara psikologis ketika manusia melakukan perbuatan baik maka dalam hatinya akan terasa tentram dengan perbuatannya, begitupun sebaliknya.

Rasulullah Bersabda :

“ Dan dosa adalah sesuatu yang mengganjal di dalam hatimu dan kamu benci jika diketahui oleh orang lain”

Dari sini saja bisa disebutkan bahwa dosa tak akan pernah menyebabkan seseorang bisa merasakan kebahagian. Sungguh hati para ahli dosa tidak akan pernah bisa menikmati kebahagian hidup selama mereka masih berkutat pada lumpur dosa yang mengotori hatinya.

Dosa Pasti Akan Membuahkan Kesengsaraan Hidup

Sadarlah Bahwa sudah pasti perbuatan dosa itu akan mendatangkan adzab. Semua dosa pasti akan menuai ganjaran setimpal dalam bentuk siksa.Bagaimana pun dosa akan teap menyisakan sengsara. Untuk pertama kalinya perbuatan dosa akan menimblukan kegelisahan hati. Kalau dampak ini tidak ada, maka hati manusia sudah mati, jadi bagaimana pun juga dosa akan menyesengsarakan pelakunya. Dan kalaupun dampak ini tidak terlihat, maka dosa akan menyisahkan adzab Allah di akhirat, untuk dampak yang terakhir ini tingkat kesengsaraan dan kepedihan tentu amat sangat berat.

Dosa Penyebab Musibah Dunia

Al Qur’an, lewat kisah-kisah umat terdahulu sudah berulang kali menceritakan bahwa perbuatan dosa pasti akan menimbulkan petaka dunia.Allah SWT sendiri telah memperingatkan dalam sebuah ayat yang artinya :

“dan takutlah kamu dari siksaan yang tidak hanya secara khusus menimpa orang-orang yang dzhalim saja diantara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaannya” (QS. Al Anfal:25)

Inilah dampak terbesar dari perbuatan dosa yang terasa di kehidupan dunia. Ternyata perbuatan dosa bukan saja akan mendatangkan adzab bagi seseorang secara pribadi yang menimpa pelaku dosa itu sendiri, tetapi lebih dari itu dosa juga bisa menurunkan adzab dimana adzab itu akan menimpa pada banyak orang meski mereka sama sekali tidak tahu apa-apa.

Lanjut Ke Halaman 2

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive