Sunday, July 29, 2018



Profil Perusahaan

Nama Perusahaan        :  Toyota Motor Corporation (TMC)
Jenis Perusahaan         : Pabrik Mobil
Didirikan                     :Jepang, 28 Agustus 1937
Pendiri                         : Kiichiro Toyoda
Kantor Pusat               : Toyota, Aichi, Prefektur Aichi, Jepang
CEO                            : Akio Toyoda (23 jun 2009- )
Anak Perusahaan        : Lexus, Subaru,Hino Motors, Japan Airlines, Lainnya



VISI GLOBAL TOYOTA

“Akar”(roots)SecaraharfiahmonozukuriberasaldaribahasaJepang, yaitumono yangberartibenda (thing) danzukuri yang berartiproses pembuatan/penciptaan (process of making). Namunsecaraterminologis, konsepmonozukurimempunyaipengertianyaitusemangatuntukmenciptakanproduk-produkberkualitasterbaikdankemampuanuntukmeningkatkansistem proses produksisecarakonsistendanberkesinambungan.
“buah” (fruit). “Buah” di sinidigambarkansebagaisuatubentukpemberian Toyota kepadasetiappelanggannya, yaitu “always better cars” atau “mobil-mobil yang selalulebihbaik. Dengandemikianberdasarkanupayaini Toyota berharapdapatmenjadiperusahaan yang diminatidandipercayamasyarakat di seluruhbelahanduniadalamrangkamelaksanakanbisnisnya.
“Batangpohon” (trunk) yang menyimbolkansuatusistempendukunguntukmenciptakanproduk Toyota yang dapatmeraihsenyumsetiappelanggansehinggadapatmenjalankanbisnis yang stabildanmencapaipertumbuhan yang berkesinambungan (growth sustainability).



Regional Mision
Regional Mission berarti misi yang dimiliki dan dikembangkan oleh setiap afiliasi Toyota Motor Corporation  yang tersebar ke berbagai region/wilayah di dunia. Contoh regional mission ini adalah pernyataan misi dari Toyota Astra Motor Indonesia, sebagai berikut.

1)      Secaraberkesinambunganmenyediakanprodukdanjasa yang berkualitastinggisertamemenuhikebutuhanpelangganmelalui program pemasaran yang terbaik
2)      Mengembangkankaryawan yang berkompetendenganmenciptakanlingkungankerja yang baikuntukmendukungtercapainyakepuasanpelanggan
3)      Memperkuatkolaborasidenganprodusen, dealer utamadan dealer-dealer melaluikomunikasidankerjasama yang lebihbaik
4)      Untukmengembangkanoperasiperusahaan yang sehatdalamsegalaaspek, misalnyapemenuhanperaturan, lingkungandan lain-lain.

  

Analisis Swot Toyota Motor Corporation

Threats
Opportunities
-       Toyota menghadapi persaingan yang ketat dan besar dalam pasar mobil global;
-       Krisis ekonomi global;
-       Ketidakstabilan ekonomi;
-       Kenaikan harga minyak dunia dapat meningkatkan biaya produksi secara signifikan

-       Kenaikan harga bahan bakar minyak dunia mendukung pengembangan teknologi Hybrid yang hemat bahan bakar
-       Hybrid car market yang semakin berkembang;
-       Urban youth’ market yang semakin meningkat jumlahnya
-       Kebutuhan masyarakat akan kendaraan hemat bahan bakar dan rendah biaya (low cost)

Weakness
Strengths
-       Perbedaan harga produk yang seringkali signifikan antara antara satu negara dengan negara yang lainnya
-       Higher lead time;
-       Trade union issues;
-       TQM dan Monozukuri dapat berdampak pada ketidakefisienan dalam produksi (high cost production).
-       Pergantian teknologi yang sangat dinamis.
-       Diversifikasi produk yang luas yang dapat masuk ke berbagai segmentasi pasar;
-       Brand name yang telah terkenal luas, Toyota adalah simbol realibility, comfort, and trust bagi sebagian masyarakat.
-       Just-in-Time Process;
-       Total Quality Management;
-       Toyota’s Culture (Kaizen, Monozukuri, Genchi Genbutsu, Jidoka)
-       Jumlah pabrik dan dealer yang tersebar luas



1.      Produk
a.       Inovasi Produk Tanpa Henti
b.      Pengembangan Produk Next-Gen Vehicles
c.       Peningkatan Kapasitas Pengembangan Produk dan Rantai Penawaran (Supply Chains) untuk Meningkatkan Kompetitif Internasional
d.      Reforming the Monozukuri Structure for Making Better Cars



 Strategi Global Toyota Motor Corporation
2.      Pemasaran, Penjualan, danPenetapanHarga (Pricing)
a.       Pemasaran Produk Berdasarkan Region (Regiocentric Approach)
b.      Penjualan Produk tertentu Untuk Memenuhi Permintaan Pasar Tertentu
c.       Diferensiasi dan Diversifikasi Produk
d.      Memperluas Saluran Produksi dengan Menambah Jumlah Dealer
e.       Memperluas Pasar dengan Bekerjasama dengan Perusahaan Automobile Lokal
f.       Memperluas Pasar dengan Memiliki Mayoritas Saham Perusahaan Automobile Lainnya
g.      Strategi Penentuan Harga

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Total Page views

Search This Blog

Translate

Followers

Popular Posts

Blog Archive